Giliran Sakit (… sakit kok giliran…)

Hiyaaaaaa!

Sekarang giliran gw yang sakit, huhuhuhu.

Sejak malem Rabu, tepatnya. Jadi malem sebelum mau tidur itu, kepala mendadak kaya dihantam sampe pusing lalu gw menggigil karena demam. Gw langsung kepikiran kan, “LAH KOK SAMA KAYA WIRA NIH?” Jadi lah gw langsung ngerasa ini kayanya dehidrasi juga.

Awalnya gw agak ga percaya kalo gw dehidrasi karena gw ga beraktivitas di bawah matahari, tapi sebenernya bisa banget sih dehidrasi walopun lu ga beraktivitas di luar ruangan. Akhir-akhir ini atas nama hemat biaya tagihan listrik, gw di rumah itu ga nyalain kipas angin walopun sumuk. Keringetan ya kipas-kipas aja gitu. Karena ga beraktivitas banyak juga, gw ga merasa butuh minum air.

DI LUAR KAYA GINI NOH BENTUKANNYA

Yha.

Ga heran dehidrasi yha.

//semua gara-gara demi tagihan listrik rendah

//nggak

Nah.

Bedanya gw sama Wira, di gw rada dramak karena gw yang suka ga ngeh sendiri.

Oke, udah tau kan ini dehidrasi. Mari kita konsumsi Panadol buat sakit kepala dan banyak minum. Oke.

Minum Panadol udah, tapi sakit kepala bolak-balik dateng. Macem cinta lama bersemi kembal– *sinyal ilang*

Akhirnya mutusin naikin dosis Panadol. Dari ngambil satu tablet (paracetamol 500 mg), gw ngambil dua tablet sekali minum (jadi ya total 1000 mg) dengan rentang waktu 6 jam.

Sukses? Lumayan.

Tapi demam masih di kisaran menyebalkan, yaitu 37.8-38.1 derajat Celcius. Kenapa menyebalkan? Karena itu suhu jelas demam, mengganggu, tapi ga yang mengganggu banget apalagi mengancam jiwa sampe lu musti ke RS gitu. Jadi kaya yang, “SAYA BUTUH DOKTER, TAPI INI KALO DOKTER NEMUIN SAYA PASTI SAYA DISETRAP KARENA BIKIN RUSUH DOANG BISANYA.”

Terus baru ngeh…

Kalo gw cuma minum air putih doang, dan sebenernya diperparah dengan teh.

Lho kenapa dengan teh?

Jadi ternyataaaaaa, teh itu minuman yang sebaiknya dihindari saat dehidrasi lho. Sifatnya diuretik, alias membuat badan mengeluarkan air lebih banyak. Ya minum banyak-banyak, kalo minumnya teh segentong ya sebenernya ga nolong yaaaaa.

Terus kenapa sama air putih? Ternyataaaaa, seharusnya itu minum air isotonik. Kok ya baru nyadar, ya begitulah.

Masalahnya, gw sebel sama minuman isotonik yang ada di pasaran/dijual bebas. Suka dikasih soda/air karbonasi itu lhooo. Gw benci banget sama soda, soalnya bikin rongga mulut dan idung rasa kebas gitu. Makanya kalo orang pada sebel kenapa sodanya dikasih es banyak banget, gw malah seneng soda yang udah ga ada sodanya (air gula dong hadeh.) Sebenernya ada merek nih, Plus 100, yang punya varian non-soda, tapi entah kenapa susaaah banget nyarinya. Yang banyak tersedia itu yang varian soda. Gw udah coba ke farmasi Guardian, siapa tau mereka ada minuman isotonik yang macem bubuk dan tinggal kasih air, eh ternyata ga ada juga *kray*

Jadi gw ya improvisasi sendiri dengan minum air segelas dikasih garam sedikit. Macem oralit kan. Nah, itu nolong banget. Bahkan pas minum air + garam itu, gw ngerasa tenggorokan dan idung gw kaya rada ketusuk-tusuk gitu. Ketebak, ini radang yang hampir nongol. Ketemu air + garam, virusnya dilawan, ngoahahahaha~

Nah, udah selesai?

BELUM.

Ini hari kejadian.

Gw masih pusing.

Gw menggigil, tapi nggak demam.

Mendadak perut gw kram; rasanya kaya PMS. Tapi isinya angin. Kembung gitu deh.

Gw keluar rumah, ga pake jaket, itu langsung badan menggigil dan lemes banget.

Gw langsung keinget kalo kondisi gw itu kok ya persis kaya waktu gw sebelum dan awal pacaran sama Ari.

Ternyataaaaa…

Gw kurang zat besi.

COY.

Dari dehidrasi pindah ke kurang zat besi. COOOOOYYYYY.

Iya banget sih. Waktu gw dehidrasi itu, boro-boro masak, makan aja gw males banget kan. Jadi kalo gw di rumah sendirian, gw nyari makanan yang gampang diambil. Ya macem roti setangkup sama keju wis itu thok. Atau Indomie pake telor. Sisanya ya minum, minum, minum, minum.

Sayuran hijau? Daging? Boro-boro.

Jadi ketika gw dehidrasi itu, badan gw mengerahkan semua asupan mineral dan vitamin di bodi untuk ngejaga jangan sampe gw ambruk lebih parah; dan gw malah ga menolong situasi dengan menjaga makanan apalagi ambil suplemen. Ya udah deh, kumat lah badan kekurangan zat besi. Lemes, “dingin”, dan gampang kembung.

Ari langsung nyuruh gw makan daging buat makan malam barusan; soalnya kandungan zat besinya tinggi banget kan dan langsung bisa diserap badan. Nah, sekarang gw lagi ngetik ini, kok ya Alhamdulillah kepala udah ga pusing lagi. Badan menggigil dan perut kram juga udah ga (lebih karena gw ga nyalain AC sih. Tadi itu di mall bener-bener dingin banget rasanya sampe gw jalan aja susah.)

Lega kalo udah tau kenapa ini kok badan mendadak reaksinya nggilani gini, hahaha. Teman-teman di sini juga semoga sehat-sehat selalu ya.

PS. Kenapa sih default caption kalo pake Free Library di app WordPress for iOS itu ga ada? Pasang dong default caption-nya. Plis plis plis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s