Satu Langkah Lagi

Haloooo!

Ya ampun, hahaha. Awalnya pengennya ngeblog setiap hari, tapi sepertinya ngeblog tiap hari pun termasuk ambisius ya.

//eh

Dua minggu lalu gw kan cerita ya kalo gw melamar pekerjaan di Automattic sebagai Happiness Engineer. Sebenernya prosesnya ini menarik, karena Automattic kaya pengen liat sejauh mana sih kemampuan teknis lu keliaran di dunia Internet. Jadi lu buka laman lowongan pekerjaan, lalu lu diminta masuk ke URL yang tersembunyi di situ (semacam treasure hunt! Hahaha, menyenangkan!) Dari situ, lu masukin aplikasi lu beserta beberapa opini dan pendapat lu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Automattic.

Ada satu pertanyaan yang gw suka, mengenai kredo/credo/creed Automattic. Gw berharap banyak perusahaan yang mengikuti ini deh; termasuk kampus gw. Apalagi kampus kan, yang latar belakangnya pendidikan. Kaya… Gimana ya, oke lah, visi misi 20/20 yang warbiyasak begitu, dengan world class nganu-nganu. Tapi langkah-langkah menuju visi misi itu kan musti ada, dan sering yang gw liat (dan rasain) itu seperti masih di awang-awang.

Jadi di pertanyaan lamaran kerja itu, ditanya apa pendapat gw soal kredo pertama Automattic: I will never stop learning. Nah, di deretan kredo itu, justru ada satu yang jadi favorit gw abis-abisan. Pas baca itu langsung maknyes gitu lho rasanya.

I’ll remember the days before I knew everything.

Itu… Ngena banget di gw.

Semua yang kita lakukan itu ada awal. Ada masa-masa kita ga tau sama sekali, bingung ini musti gimana, dan kita ngeliat orang sekeliling kita yang jauh lebih hebat dan jauh lebih berpengetahuan.

Karena ini di Automattic, tech company, ini ngingetin gw dengan masa-masa gw bocah ingusan di dunia web designing and developing. Yang belajar HTML dan CSS pake blog sendiri sampe layout blog gw bisa gonta-ganti tiga kali dalam seminggu (sampe pada sebel liatnya, hahaha,) yang susah payah belajar logika PHP (dibantuin Anom dan pak Nurhendra (ya Allah, gw kangen pak Nur, hahahaha,) dengan analogi restoran (karena Kapkap kalo urusan makanan cepet ngeh,) yang desain blog Blogspot gw dijadiin WordPress theme sama Hafiz (terus kita bangga banget itu theme masuk ke Smashing Magazine — website paling heits di dunia web desain pada jaman itu, hahaha,) yang mati-matian belajar bikin WordPress Themes pake PHP, panik tengah malem kenapa laman website setelah di-run di XAMPP langsung putih semua (memanggil sesama kalong saat itu, Hafiz dan Anima, lewat Yahoo!Messenger; lalu dijelasin, “oh, white screen of death. Biasanya kurang titik koma, Kap.” KAN KESEL YHA KURANG TITIK KOMA DOANG YA ALLAH.)

Dan jujur, itu semua menyenangkan lho, hahaha. Kalo gw disuruh kembali ke masa itu, tahun-tahun itu, belajar itu semua lagi — terlepas betapa menyakitkannya tahun-tahun itu untuk urusan hubungan pribadi gw, GW MAU. Itu bagian dari proses pembelajaran, dan proses pembelajaran itu seru — seneng, sedih, malu, marah, bingung, dan sebagainya — sehingga gw ga liat alasan apa yang bikin gw musti berhenti belajar.

Jadi, gw dengan sotoynya, nambah-nambahin di lembar lamaran kerja soal kredo favorit gw itu…

//suara jangkrik

NAH. TAPI ALHAMDULILLAH LOLOS. HAHAHAHA.

//suara jangkrik dan kodok

Hari Jumat (19 Oktober) kemarin nih, jam 9 malem, gw lagi hahahehe baca-baca timeline kan. Lalu – pling – ada e-mail masuk.

”Thanks for applying for the Happiness Engineer role at Automattic.”

BOK.

BOK.

BOOOOKKKKK.

LANGSUNG DINGIN SEBADAN-BADAN.

”HASFUROAEJDAKJFAKLSHJSDGF~”

Ari: “… … … … kenapa deh, Sayang?”

”SAYANG, AKU DIKONTAK AUTOMATTIC.

AKU.

DIKONTAK.

AUTOMATTIC.”

”…”

”The first step in our interview and application process is a small assignment, as described below.”

”ASDFGHSADSAYAAAAANG INI AKU DIKASIH TES BUAT DIKERJAIN!”

”YA KERJAIN SONOH.”

E91D91CA-D356-4899-A225-E2C6FB97B4B1

Gw langsung angkut lah sak hape dan iPad lalu ndoprok di kamar tamu biar tenang; SOALNYA ARI LAGI NONTON BAJAJ BAJURI DI KAMAR SAMBIL NGAKAK KENCENG BANGET YA RABB YA TUHAN KEWARASAN HAMBA.

Wira dan Rey langsung gw kasih instruksi untuk ga ganggu gw. Alhamdulillah itu pas malem Sabtu kan, besoknya libur, jadi bisa lebih santai.

Nah, ini tes dari Automattic gw yakin bakal berbeda setiap penerimaan; cuma dari yang gw baca-baca di blog para peserta lamaran kerja di Automattic ini, sepertinya tes pertama ini mirip secara tema. Jadi kita musti ngutak-ngutik sebuah website dan tingkat kesulitannya bervariasi dalam satu tugas; dari yang ‘mudah’ macem masang foto sampe agak teknis seperti nge-set DNS dan e-mail.

Gw pribadi emang udah make WordPress, cuma belum pernah nyobain sampe yang segitu teknisnya; udah gitu gw make yang versi gretongan kan, nah ini mendadak dapet akses ke versi Premium.

Jadi ketika gw masuk ke versi Premium…

21B3C226-76FE-47EF-B53A-7D1F3B0A60F1

YA GIMANA. KASTA RENDAHAN GRETONGAN, LALU LIAT VERSI PREMIUM YANG AKSES KE THEMES DAN FONT-NYA MAK GEJEBYAR?

MAKIN PENGEN MASUK AUTOMATTIC.

//ternyata demi akses ke Themes

Nah, gw pengennya bisa gw kerjain saat itu juga dan selesai hari itu juga kan. Gw ga mau hari Sabtu malah tetep kepikiran. Ari sempet nanya, “ga dikirim hari Senin aja? Katanya “no rush in returning” kan?”

TAPI GA BISA GITU BOS. INI HARGA DIRI. SEBERAPA KERASNYA LU NGOTOT MAU NUNJUKIN KALO BISA KELARIN INI TUGAS DALAM WAKTU SEMALEM. PROYEK SANGKURIANG, MUNCUL! HAKDUSH!

//kapkap anaknya panasan

Nah, gw sebenernya agak bingung di tuntutan tugasnya, apakah ini musti sama persis atau gimana, tapi gw mutusin kalo ini bisa jadi permintaannya replikasi website sehingga sebaiknya sama persis dengan sedikit utak-atik di CSS. Gw bersyukur karena sering keliaran di Themes, gw jadi hafal sedikit beberapa themes dan bentukannya. Ga butuh waktu lama untuk milih theme yang dibutuhkan dan font pilihan.

Dari situ, mulai deh gw keliaran di dalam WordPress. Ngecek kira-kira fitur apa yang dipake; oh widget ini bisa begini, oh bisa pake shortcode ini, oh bisa cari gambar kaya gini. Gw usahain semuanya semirip mungkin dengan website contoh.

Sebenernya ga ribet, tapi karena gw pake iPad Pro, jadinya agak ribet.

Jadi gini, untuk kelengkapan fitur, sebenernya masih JAUH lebih lengkap WordPress Dashboard versi web (buka di browser macem Safari, Chrome, dan lain-lain.) Tapi untuk ngutak-ngatik themes, jauh lebih stabil dan lebih enak pake app WordPress (gw pake WordPress for iOS app). Jadi lah gw bolak-balik buka browser dan app. Ribet mastiin, “lah kok masih gini sih, bukannya tadi gw uda— oh iya, tadi dikerjainnya di app.”

Nah, “masalah” mulai ketika di DNS.

Jadi kan gw dongdong banget soal DNS ya. MASIH BELUM PAHAM GW SAMPE SEKARANG DNS ITU APAAN SIH YA RABB TOLONG HAMBA. Tapi bukannya ga bisa sama sekali; selalu ada Google Search dan tips dan trik untuk DNS ini kan. Setelah keliaran beberapa saat di Google Search dan WordPress Forum, nemu nih solusi untuk DNS.

Terus, gw salah masukin CNAME di DNS Records.

08992DFC-50D5-48CC-8DD9-619A77F0871D

PANIK GW. 

Sekalinya gw panik kaya gini itu ketika gw kesandung kaki sendiri di toko perlengkapan menulis dan hampir nubruk lemari kaca berisikan kuas gambar seharga RM 7000 (Rp 25,560,000.-)

Gw keliaran lagi di Google Search kan; nyari solusinya. Udah gw benerin di CNAME, tapi kok dari situs tujuan belum mau konek gimana ini wadoooooo, lalu banyak jawaban kira-kira gini, “nanti juga bener sendiri. Emang butuh waktu. Biasanya memakan waktu minimal delapan jam.”

YA HALO AMBULANSNYA.

Gw ini kombinasi ambisius + panikan + panasan + marmut dikasih kopi tiga gelas, jadi bayangin lu jam 1 pagi macem rambut gw berdiri semua.

Hampir nyerah, gw hampir mutusin tidur aja baru lanjutin besok pagi, lalu gw iseng, “ah, coba lagi ah…

EH SUKSES.

SUUUUKKKKSSSSEEEEEESSSSSS.

A397A0DF-0B71-48FC-82DA-5799C577DF03

Langsung gw lanjutin lagi, lagian urusan DNS ini udah macem langkah paling akhir sebelum semuanya selese.

Oke, gw cek ulang untuk e-mail dan DNS. Mastiin kalo semua tautan berjalan dengan baik. Sempet keriting lagi ngeliat INI GW UDAH LOGIN KENAPA DISURUH LOGIN LAGI HAH DASAR CACHE SIALAN. Ngecek di browser lain, semua berjalan dengan baik.

Lalu — berusaha — tidur.

D3D9BACA-5C47-46EA-A330-CC67EC98C3EF

Kapan hari gw baca salah satu pelamar ke Automattic cerita kalo dia nyelesein tugasnya itu kisaran 6-8 jam. Gw selesai kira-kira 5-6 jam (dari jam 9 malem sampe jam 2:15 pagi, termasuk rusuh DNS itu) jadi kira-kira oke kali lah yaaa.

Paginya, Ari (dengan cerianya karena tidur malam cukup,) bertanya, “JADI GIMANA, SAYANG? OKE?”

1A3022B6-FAA8-4EDD-9F57-05A5C16E4EB7.gif

Alhamdulillah itu hari Sabtu lho, huhuhuhu. Bisa istirahat sekejap. Tentu saja gw musti nenggak kopi dulu supaya bisa berfungsi sebagai manusia normal, tapi gw lega banget ga ada huru-hara karena akhir pekan. Iya sih, biasanya akhir pekan malah sedikit lebih sibuk karena semua orang di rumah; cuma ga yang harus heboh pagi-pagi nyiapin bocah berangkat sekolah kan.

Nah, selepas itu gw ga berani berharap banyak. Terlalu banyak skenario “what ifs” di kepala gw, dan gw yakin banget yang ngelamar kerja di Automattic itu bejibun. Mereka ini megang 25% bagian penyedia sistem manajemen konten (CMS) di Internet — kasarnya, kalo lu salah pencet atau salah cabut kabel, 25% Internet yang lu tau bisa modar — dan jumlah pegawai mereka di seluruh dunia itu masih di bawah 1000 orang; kisaran 800 orang lah tersebar sak dunia. Kebayang seperti apa proses penerimaan pegawai mereka? Setahunnya bisa 100-200 orang melamar kerja. KURANG DARI SETENGAH jumlah staf di Automattic yang bisa langsung lolos semua tahap seleksi dan diterima di Automattic dalam sekali coba. Rata-rata melamar kembali sebanyak 2-3 kali.

NAH.

Pagi ini.

PAGI INI.

6EA2012A-1688-47CE-A0E6-0F2CAB1B01BF

DOAKAN SAYA YA TEMAN-TEMAAAANNNNN!

(Ada yang lolos sampe ke probation time, ada yang lolos hanya sampe wawancara via chat. Sekali lagi, JARANG yang bisa lolos langsung keterima di Automattic dalam sekali jalan.)

Advertisements