‘Giselle’

I couldn’t sleep yesterday, so I’d figured I watched some ballet videos on Youtube with hope the music will lull me to sleep.

Next thing I know, I got wide-awake for 2 hours, watching Bolshoi Ballet’s ‘Giselle’ with Svetlana Zakharova as Giselle and Robert Bolle as Albrecht. Svetlana is insane. Her expressions, her movements, her gestures, her costumes… Out of this world. Out. Of. This. World.

You got to see when she dances during Mad Giselle scene and on the end of Act 2 when Giselle tried with all her might to keep Albrecht stays conscious until the day breaks.

‘Giselle’. July 2019.

Ilustrasi untuk Greenhost Hotel, Yogyakarta

Kapan ya… Tahun lalu? Dua tahun lalu? Kira-kira itu lah, gw dihubungin sama Nena. Nena nanya ke gw, gw lagi sibuk atau nggak. Saat itu… Gw lupa deh, gw udah hamil Rey belum ya… Kayanya sih lagi hamil. Hahaha, lupa. Jadi pas itu bisa dibilang ga yang sibuk banget gimana juga.

Nena ngasih tau gw kalo ada kerjaan gambar nih buat gw. Ngegambar taneman — sayuran dan buah-buahan, tepatnya. Dia cerita kalo Greenhost Hotel di Yogyakarta lagi bikin konsep kebun di atap (rooftop garden) karena konsep Greenhost Hotel emang konsep hotel yang ramah lingkungan dan hijau. “Ketimbang masang foto taneman biasa, kita pengennya ilustrasi gitu, Kap…”

Jadi lah, gw ngegambar sayur dan buah, hahaha. Nyoba beberapa teknik, karena gw belum terbiasa ngegambar tanaman. Pertama, mau pake outline kebiasaan gw (garis item tebel spidol), tapi kok… Jadinya… Ruwet amat…

Ini ceritanya mint. Mint yang sangat ruwet.

Nena ngasih tau kalo ini gambar nantinya akan dicetak di atas kayu triplek, jadi gw ngerasa itu mint kalo dicetak malah bikin syaraf petugas percetakannya nambah keriting. Lalu gw coba lagi kan, pendekatan yang lebih simpel.

MONMAAP NEH, ITU DAUN BASIL ATAU DAUN JAMBU YES.

Akhirnya gw nyoba pendekatan yang lebih halus. Gw konsultasi dulu sama Nena, kira-kira pihak Greenhost bakal cocok ga dengan gaya ini. Alhamdulillah mereka oke, jadi abis itu langsung lanjut.

Pas itu, Nena ngomong, “jangan cerita dulu sampe semua oke ya Kap, hehehe.” Gw paham tentu sajaaa, hahaha. Ya namanya juga kerjaan kan. Nah, terus tadi barusan banget nih, gw buka Instagram. Ngeliat, lho kok gw di-tag. Sama siapa? Pas gw buka…

Yeay! Alhamdulillah! Bangga banget, hahaha. Jadi kalo lagi main-main ke Yogyakarta, mampir-mampir ke Greenhost Hotel yaaa!